Menu Close

Tidak Sulit, Cara Mencegah Penyakit Asam Urat

Tidak Sulit, Cara Mencegah Penyakit Asam Urat

Pemicu asam urat ini umum terjadi pada kebanyakan orang yang menderita asam urat, tetapi tidak setiap dari mereka akan memicu serangan pada setiap orang yang menderita asam urat. Beberapa orang mungkin mengalami serangan setelah paparan terbatas, sementara yang lain hanya bereaksi dalam kasus yang ekstrim.

“Setiap orang memiliki riwayat kesehatan masing-masing,” kata Robert T. Keenan, MD, MPH, asisten profesor kedokteran di Duke University School of Medicine. “Bagi sebagian orang, makanan tertentu akan memicu asam urat seperti makanan laut dan bir. Tidak ada tes yang memungkinkan pasien asam urat mengetahui pemicu apa yang akan menyebabkan asam urat mereka meningkat. Tetapi hampir semua orang dengan asam urat dapat menentukan sumbernya saat pertama kali mereka mengalami serangan, kata Keenan.

Anda tidak harus duduk dan menunggu serangan asam urat untuk mengobatinya. Anda dapat menghindari asam urat karena perubahan gaya hidup dan pengobatan. Berikut adalah beberapa tips untuk mencegah penyakit asam urat :

1. Hindari pemicu asam urat

Meskipun tidak mungkin untuk sepenuhnya menghindari semua purin dalam makanan Anda, jika Anda tahu makanan mana yang cenderung memicu serangan asam urat, cobalah untuk menghindarinya. Anda masih dapat menikmati makanan dengan lebih sedikit purin seperti kacang, lentil, dan asparagus.

2. Obat pencegahan

Jika Anda memiliki dua atau tiga serangan asam urat dalam satu tahun, banyak dokter akan menyarankan obat harian seperti feboxostat (Uloric), allopurinol (Lopurin, Zyloprim), dan probenecid (Benemid) untuk menurunkan kadar asam urat dalam darah, dan colchicine (Colcrys), untuk membantu mencegah serangan di masa depan. Dalam beberapa bulan pertama Anda minum obat, ketahuilah bahwa obat pencegah asam urat sebenarnya dapat menyebabkan serangan. Dokter akan mempersiapkan Anda untuk kemungkinan ini dengan memberi Anda obat untuk diminum jika asam urat Anda kambuh.

3. Gaya hidup sehat.

            Makan makanan yang sehat, mengurangi atau berhenti mengkonsumsi alkohol, dan berolahraga secara teratur dapat membantu mencegah penyakit asam urat dan menjaga tingkat asam urat Anda stabil. Ingatlah untuk minum air putih saat berolahraga untuk menghindari flare-up karena dehidrasi.

4. Menjaga Berat Badan Tetap Ideal

Jika Anda kelebihan berat badan, sebaiknya Anda segera melakukan program diet. Kelebihan berat badan dapat menyebabkan peningkatan kadar asam urat dan menyebabkan serangan asam urat. “Ketika kita berbicara dengan pasien tentang makanan yang harus mereka hindari, kita juga berbicara tentang berat badan,” kata Manno. “Pasti ada faktor risiko kelebihan berat badan.”

5. Minum banyak cairan.

Tetap terhidrasi dengan baik, termasuk banyak air. Batasi berapa banyak minuman manis yang Anda minum, terutama yang dimaniskan dengan sirup jagung fruktosa tinggi. Setidaknya Anda harus minum 2 liter per hari untuk mendapatkan kesehatan yang baik dan mencegah penyakit.

6. Batasi atau hindari alkohol.

Bicarakan dengan dokter Anda tentang apakah jumlah atau jenis alkohol apa pun aman untuk Anda. Bukti terbaru menunjukkan bahwa bir kemungkinan besar dapat meningkatkan risiko gejala asam urat, terutama pada pria.

7. Makanan Untuk Pencegahan

Diet rendah purin dapat membantu menurunkan kadar asam urat dan bekerja untuk mencegah penyakit asam urat. Makanan dan minuman untuk dikonsumsi setiap hari meliputi : kacang dan lentil, polong-polongan, cairan; terutama air, produk susu rendah lemak atau bebas lemak, biji-bijian utuh, seperti gandum, beras merah, biji gandum, ubi jalar, buah-buahan dan sayur-sayuran

Protein nabati

Kacang dan kacang-kacangan adalah sumber protein yang sangat baik. Mengkonsumsi sumber nabati ini dapat membantu Anda memenuhi kebutuhan protein harian Anda, sambil memotong lemak jenuh yang ditemukan dalam purin tinggi dan protein hewani.

Pengganti susu dan non-susu

Beberapa orang menemukan bahwa susu dapat meningkatkan gejala asam urat, sementara yang lain mengalami penurunan kadar asam urat dengan asupan susu rendah lemak. Banyak alternatif susu nabati tersedia jika Anda perlu menghindari susu.

Buah-buahan dan sayur-sayuran

Makanan kaya vitamin C, seperti ceri, menunjukkan beberapa bukti yang berpotensi mengurangi serangan asam urat.

Menariknya, penelitian belum menunjukkan sayuran purin tinggi untuk meningkatkan serangan asam urat. Selain itu, sayuran kaya serat dan rendah kalori, yang dapat membantu Anda mengatur berat badan. Namun, memperhatikan asupan zat besi mungkin bermanfaat bagi mereka yang menderita asam urat. Kebanyakan zat besi yang tersedia secara hayati ditemukan dalam sumber daging, tetapi makanan zat besi nabati mungkin memiliki efek negatif pada asam urat. Selalu penting untuk memperhatikan gejala individual Anda dan memodifikasi diet berdasarkan kebutuhan spesifik Anda sebagai upaya untuk mencegah penyakit asam urat.

Sumber :

www.webmd.com

www.healthline.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *