Menu Close

Penjelasan Singkat Penyakit Dalam

Penyakit dalam dapat dikategorikan sebagai penyakit tingkat lanjut karena penyembuhan hanya dilakukan oleh spesialisasi medis. Penyakit ini biasanya menyerang organ dalam orang dewasa hingga lanjut usia. Spesialis penyakit dalam diobati oleh internis khusus, internis umum, maupun dokter pengobatan. Internis ini bukan interns, tetapi merupakan dokter khusus orang dewasa yang ruang lingkup prakteknya sangat luas.

Biasanya spesialis penyakit dalam memiliki pengetahuan tentang keahlian dan klinis dari penyakit sederhana hingga kompleks. Setiap orang memiliki imunitas tubuh berbeda, sehingga ketika terserang penyakit kronis maka pengaruhnya terhadap organ dalam juga akan berbeda. Bahkan, jika penyakit dalam ini telah menyebar dapat mempengaruhi jaringan kulit dan struktur organ tubuh lainnya.

Sangat disarankan apabila terserang penyakit dalam langsung mengambil pengobatan pada dokter spesialis bersangkutan. Sebab, dokter tersebut akan mendiagnosa, menilai, dan menentukan perawatan paling tepat. Lamanya perawatan yang didapat oleh penderita tergantung kondisi kesehatan.

Bagi pasien yang sudah didiagnosa mengidap penyakit dalam seperti disentri, usus buntuh, batu ginjal, dan lainnya akan disarankan untuk menerapkan pola hidup sehat. Selain itu, melakukan pencegahan lain agar penyakit tidak menyebar, salah satunya dengan melakukan operasi.

Ketika mengobati penyakit dalam ternyata tidak hanya mengedepankan pengobatan medis saja. Disamping itu memperhatikan kesehatan mental dan psikologi pada pasien. Sebab, kondisi psikologi pasien yang memburuk akan membuat proses kesembuhan terhambat.

Biasanya penyakit dalam diobati oleh internis yang memiliki sertifikat pelatihan seperti ginekologi. Internis memang sering diandalkan untuk mendorong penyembuhan penyakit dalam dan penyakit langka. Namun, internis juga memiliki subspesialisasi tersendiri.

Berdasarkan studi American College of Physicians merupakan organisasi terbesar internis di AS, subspesialisasi internis terbagi dalam 13 area keahlian yang dikhususkan untuk menjadi dokter penyakit dalamm yakni:

  1. Kedokteran remaja, sekaligus perkembangan seksual dan psikologis.
  2. Kedokteran olahraga.
  3. Onkologi, meliputi radiasi dan pembedahan.
  4. Imunologi, spesialis menangani segala kondisi yang berpengaruh terhadap sistem kekebalan tubuh. Contohnya alergi.
  5. Hematologi, spesialis menangani kondisi yang berpengaruh terhadap darah.
  6. Nefrologi, spesialis menangani kondisi mempengaruhi organ dan kinerja ginjal.
  7. Endokrinologi, spesialis yang mempelajari berbagai kondisi terkait hormon dan metabolisme tubuh.
  8. Penyakit menular.
  9. Gastroenterologi, spesialis menangani segala kondisi mempengaruhi saluran kolon dan saluran usus.
  10. Rheumatology
  11. Pulmonologi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *