Menu Close

Pengertian Metamorfosis: Jurus Evolusi Binatang

Pengertian Metamorfosis: Jurus Evolusi Binatang .Persahabatan bagai kepompong, mengubah ulat menjadi kupu-kupu. Penggalan bait lagu tersebut pastinya sangat familiar ditelinga generasi 90an bukan? Lagu yang hits pada masanya itu mengambil penganalogian bahwa  persahabatan itu layaknya evolusi yang dilakukan oleh seekor ulat hingga berubah menjadi seekor kupu-kupu.

Evolusi atau perubahan  pada hewan dikenal dengan istilah metamorfosis nih sobat, dimana para hewan mengalami beberapa fase untuk dapat berevolusi menjadi lebih baik. Berikut adalah penjelasan terkait metamorfosis, simak dengan baik ya!

Pengertian Metamorfosis

Berdasarkan sedikit uraian di atas taukah Anda apa pengertian metamorfosis? Benar sekali  metamorfosis adalah suatu perubahan yang tejadi pada hewan baik berupa perubahan fisik ataupun struktur tubuh dengan melewati beberapa fase setelah fase kelahiran atau penetasan.

Macam-macam Metamorfosis

Setelah mengetahui pengertian metamorfosis, berikut ini adalah macam dari metamorfosis. Metamorfosis dapat diklasifikan menjadi dua jenis, yaitu pertama metamorfosis sempurna dan kedua metamorfosis tidak sempurna. Berikut adalah penjelasannya, diperhatikan dengan baik ya!

  • Metamorfosis sempurna

Metamorfosis ini dikatakan sempurna karena memiliki empat tahapan atau fase sebagai berikut yang harus dilalui dalam pertumbuhan dan perkembangannya.

  • Telur

Telur atau sel telur yang dimiliki oleh betina  merupakan awal  mula dari makhluk hidup, dimana sel telur tersebut akan berubah menjadi zigot ketika berhasil difertilisasi oleh sperma sang jantan. Dan hasil dari pembuahan akan ditempatkan di habitat tumbuhnya.

  • Larva

Fase larva merupakan fase pengertian metamorfosis dimana hewan muda sangat berbeda jauh dengan versi dewasanya, baik secara fisik, tingkah laku, maupun kebiasaannya seperti.

  • Pupa

Pada fase pupa ini larva akan dibungkus oleh sarung yang dinamakan kokon. Pada saat berada di dalam kokon larva tidak akan makan apapun, sehingga sebelum memasuki fase ini para larva akan giat mencari makan dan makan sebanyak mungkin guna memenuhi asupan nutrisi  selama berada dalam fase ini.

  • Imago

Fase imago merupakan fase dewasa dan fase terakhir dalam pengertian metamorfosis, dimana setiap hewan memiliki rentang waktu yang berbeda pula untuk bisa sampai pada fase ini.

Pada fase ini juga hewan telah memiliki bentuk yang sempurna serta rupa yang jauh berbeda dari sebelumnya, namun perubahan tak hanya terjadi secara fisik saja karena  dibarengi pula dengan perubahan tingkah laku dan kebiasaan.

Pada fase ini juga hewan akan melakukan perkawinan dan siklus berdasarkan pengertian metaorfosis kembali berulang.

Contoh hewan yang mengalami metamorfosis sempurna yaitu: Kupu-kupu, Nyamuk, Katak.

  • Metamorfosis Tidak Sempurna

Pada pengertian metamorfosis tidak sempurna perkembangan dan pertumbuhan hewan hanya melewati tiga fase berikut ini:

  • Telur

Sama halnya dengan metamorfosis sempurna, awal mula metamorfosis tidak sempurna juga dimulai dari sel telur yang difertilisasi oleh sperma sang jantan dan kemudian ditempatkan pada habitat tumbuhnya.

  • Nimfa

Berbeda dengan metamorfosis sempurna yang harus melewati fase larva dan pupa untuk bisa sampai pada fase imago, dalam pengertian metamorfosis tidak sempurna cukup melewati fase nimfa atau fase bayi dimana pada fase ini hewan sudah mirip dengan rupa versi dewasanya namun dengan ukuran lebih kecil dan beberapa organ belum berkembang dengan baik.

  • Imago

Tak terlalu berbeda dengan fase imago dalam metamorfosis sempurna, disini Fase imago juga merupakan fase dewasa dan fase terakhir dalam metamorfosis, dimana setiap hewan memiliki rentang waktu yang berbeda pula untuk bisa sampai pada fase ini. Pada fase ini pula hewan akan melakukan perkawinan dan siklus metamorfosis kebali berulang.

Contoh dari pengertian metamorfosis tidak sempurna ialah sebagai berikut: Ayam, Bebek, Jangkrik, kecoa,belalang.

Namun perlu digaris bawahi bahwa beberapa hewan memiliki fase yang berbeda dari fase-fase metamorfosis yang telah dijelaskan diatas.

Sekarang sudah paham dengan pengertian metamorfosis serta macam-macamnya kan sobat, semoga bemanfaat dan menabah khasanah keilmuan kita semua. Jangan bosan untuk terus belajar dan mencari tau hal-hal baru, sampai jumpa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *