Menu Close

Mengetahui Dokter Spesialis Dalam dan Macam Penyakit yang Bisa Ditangani

Mungkin selama ini anda sering mendengar sebutan dokter penyakit dalam atau dikenal juga dengan internist namun tak sedikit pula yang masih bingung sebenarnya apa beda dokter penyakit dalam dengan dokter lainnya. Secara garis besar, dokter penyakit dalam biasanya sudah memiliki lisensi spesialis yang mana dia sudah menjalani pendidikan tambahan sehingga bisa dipastikan lebih paham secara spesifik penyakit tertentu dibanding dokter umum.

Secara tak langsung kerja dari dokter spesialis ini andalah mendiagnosa pasien, merawat pasien dan memberikan rujukan kepada dokter subspesialis jika nerasa dibutuhkan.

berikut ini adalah beberapa penyakit yang biasa ditangani oleh dokter penyakit dalam:

  1. Alergi Imunologi klinik

Saat anda merasa ada permasalahan dengan sistem kekebalan tubuh yang membutuhkan pemeriksaan secara lengkap seperti darah, urin hingga struktur jaringan lainnya seperti misalnya penyakit asma, alergi dan sejenisnya. Biasanya anda akan di rujuk ke dokter penyakit dalam.

  1. Gastroentero -Hepatologi

Hepatitis, gangguan pencernaan dan beragam penyakit lainnnya yang berhubungan dengan organ hati dan sistem pencernaan. Dalam prakteknya dokter penyakit dalam bisa mengobati gangguan yang terjadi pada pankreask, kerongkongan, perut dan usus besar.

  1. Geriatri

Hal ini berkaitan dengan beragam penyakit yang biasa dialami oleh lansia dimana penyakit yang timbul memang karena faktor penuaan seperti demensia, diabetes 2, malnutrisi dan lainnya.

  1. Ginjal hipertensi

Dokter penyakit dalam juga berhubungan dengan sesuatu yang melibatkan berbagai permasalahn tekanan darah dan gangguan ginjal. Jadi ketika ada pasien yang mengalami gagal ginjal atau kencing batu biasanya akan di rujuk kesini.

  1. Hematologi-onkologi

Beragam permasalah darah (hematologi) serta kanker (onkologi) biasanya juga di rujuk ke dokter penyakit dalam.

  1. kardiologi

Sebagaimana yang kita ketahui kardiologi merupakan merupakan gangguan yang ada pada jantung seperti aritmia, jantung koroner dan lainnya.

  1. Metabolik-Endokrin

Dalam tubuh juga terjadi proses biokimia serta beragam hormon. Oleh karena itu ketika dirasa muncul gangguan seperti diabes dan tiroid juga akan ditangani doketer penyakit dalam.

  1. Pulmonologi

Pulmonologi merupakan sebutan untuk beragam penyakit yang berhubungan dengan gangguan sistem pernapasan seperti bronkitis, enfisema dan lainnya

  1. Reumatologi

Berbagai permasalah pada tubuh yang membutuhkan pengobatan non-beda seperti sendi dan lainnya juga ditangani oleh dokter ini. beberapa penyakit yang sering ditangani seperti rematik, osteoporosis dan masih banyak lainnya.

  1. Psikomatik

Psikomatik sendiri meliputi berbagai macam gangguan fungsi tubuh yang disebabkan karena masalah psikologis seperti panik, kecemasan, insomnia dan masih banyak lainnya.

  1. Tropik- infeksi

Penyakit infeksi menular baik karena bakteri, jamu virus serta parasit juga ditangani oleh dokter spesialis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *