Menu Close

Mengenal Gejala Umum Penyakit Kanker Paru-Paru

Dalam dunia medis, Kanker Paru-Paru merupakan salah satu jenis penyakit dalam kronis yang memiliki angka kematian cukup tinggi. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan oleh Fakultas Kedokteran UI (FKUI), lebih dari 50% penderita rongga toraks juga menderita Kanker Paru-paru.

Dari prosentase tersebut, tentu sangat mengkhawatirkan. Ditambah lagi jika kamu memiliki factor risiko yang bisa menyebabkan kemungkinan mengalami Kanker Paru-Paru semakin tinggi. Ada beberapa factor yang bisa menyebabkan seseorang mengalami Kanker Paru-Paru, salah satunya yaitu karena kebiasaan merokok.

Faktor penyebab utama ini tentu sudah bukan rahasia lagi, bahkan produsen rokok telah mencantumkannya pada kemasan itu sendiri. Namun, sayangnya risiko kanker tersebut tidak hanya dialami oleh perokok aktif saja, tapi juga bisa menyerang perokok pasif, yang bisa jadi adalah teman, dan orang terdekat kamu.

Selain perokok, ada juga penyebab lainnya, yaitu karena terpapar polusi udara secara terus menerus atau pun terpapar udara atau zat-zat berbahaya lainnya. Umumnya seseorang yang tinggal di lingkungan pabrik dengan tingkat polusi yang cukup tinggi, sangat berisiko terhadap penyakit ini. Sehingga, usahakan untuk tetap menjaga diri dengan menggunakan masker jika memang tinggal di lingkungan dengan tingkat polusi yang tinggi.

Lantas, seperti apa gejala-gejala yang umumnya ditimbulkan kasus Kanker Paru-Paru? Simak selengkapnya pada artikel ini, sehingga kamu bisa mengambil tindakan tepat dan lebih cepat.

Deteksi Dini Kanker Paru-Paru

Pada kebanyakan pasien, umumnya mereka baru mengetahui bahwa mereka mengidap kanker disaat sudah mengalami fase stadium akhir dan berdampak pada meningkatnya kasus kematian. Hal tersebut dikarenakan minimnya pengetahuan tentang gejala-gejala yang ditimbulkan oleh penyakit mematikan ini, juga karena keterlambatan dalam memeriksakan diri ke dokter.

Maka dari itu, berikut ini telah kami rangkum beberapa gejala yang bisa disebabkan oleh Kanker Paru-Paru. Jika kamu mengalami satu atau lebih dari gejala di bawah ini, ada baiknya kamu untuk datang ke dokter untuk mendapatkan diagnose lebih lanjut.

  1. Mengalami batuk secara terus meneruk.
  2. Sulit bernapas dan dada terasa sesak.
  3. Tidak nyaman saat berbica, terkadang bahkan terasa serak.
  4. Mengalami bronchitis.
  5. Menurunnya nafsu makan dan umumnya akan kehilangan berat badan yang signifikan.
  6. Nyeri pada beberapa titik tulang.

Gejala umum di atas tidak selalu dirasakan oleh semua pasien, sehingga ada kemungkinan antara pasien satu dan lainnya akan mengalami perbedaan gejala yang dirasakan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *