Menu Close

Makanan Penyebab Gagal Ginjal yang Perlu Dibatasi

ada beberapa jenis makanan yang diduga sebagai makanan penyebab gagal ginjal. Apa aja makanan yang dimaksudkan? perhatikan penjelasan berikut biar kamu lebih hati-hati dalam menentukan makanan untuk dimakan, maka terhindar dari resiko gagal ginjal.

Ginjal merupakan salah satu organ penting dalam tubuh orang. Ginjal memiliki banyak fungsi, di antaranya menyaring darah, membuang kotoran ataupun kotoran sisa metabolisme, mengontrol tekanan darah, dan mengatur kesetimbangan cairan dan elektrolit di dalam darah.

ketika seorang mendapati gagal ginjal, fungsi-fungsi ginjal itu tak bepergian biasa. gagal ginjal tak cuma diakibatkan oleh sesuatu penyakit ataupun gaya hidup yang tak bugar. resiko kamu mendapati gagal ginjal pun akan melambung jikalau kamu kerap mengkonsumsi makanan yang diketahui bisa menyebabkan gagal ginjal.

Batasi konsumsi Makanan penyebab gagal Ginjal IniĀ 

melindungi kesehatan ginjal bisa kamu lakukan dengan membatasi konsumsi makanan-makanan penyebab gagal ginjal selanjutnya ini:

  1. Makanan tinggi garam (sodium)

kamu bisa aja mengkonsumsi makanan yang mengandung garam (sodium / natrium). cuma aja, jumlahnya harus dibatasi, ialah tak lebih dari 2000 miligram natrium tiap harinya. batasan asupan natrium yang dianjurkan untuk melantan kesehatan ginjal itu sebanding dengan 1 sampai 1, 5 spatula teh garam masing-masing hari.

saat kamu mengkonsumsi terlalu banyak garam, ginjal harus beroperasi lebih keras untuk membuang sodium. melonjaknya bobot kegiatan ginjal inilah yang bisa mengganggu ginjal dan menyebabkan gagal ginjal.

tidak cuma itu, asupan garam ataupun sodium ini harus dibatasi karna jikalau jumlahnya terlalu banyak, bisa melahirkan tekanan darah tinggi. jikalau didiamkan alot, tekanan darah tinggi bisa menyebabkan kerusakan ginjal permanen.

beberapa makanan tinggi natrium yang harus kamu batasi ialah makanan buatan, serupa sosis, kornet, dan ikan masin. ketika mengkonsumsi makanan buatan, cermati kandungan sodium yang tercap pada kemasannya. jikalau ada, hendaknya seleksi makanan yang bercap rendah garam ataupun salt free.

  1. Makanan yang mengandung terlalu banyak protein

Protein pada dasarnya memiliki banyak manfaat buat kesehatan, di antaranya membenarkan jaringan tubuh, melindungi kesehatan tulang, mengontrol tekanan darah, dan menambah massa otot. akan tetapi jikalau besaran yang dimakan melampaui keinginan, protein malah berpotensi mengganggu ginjal.

ketika tubuh memperoleh asupan protein dari makanan, protein itu akan diolah dengan cara metabolisme. cara ini akan membuahkan barang sisa ataupun kotoran yang esoknya akan dibuang dari dalam tubuh oleh ginjal.

mengkonsumsi terlalu banyak makanan berprotein tinggi akan membikin bobot kegiatan ginjal melambung karna mesti membuang lebih banyak barang sisa metabolisme protein. Inilah yang melahirkan salah satu alasan kenapa penderita penyakit ginjal, serupa gagal ginjal, harus membatasi asupan protein.

anjuran asupan protein harian yang disarankan untuk orang dewasa ialah 55-60 gr masing-masing hari. Makanan yang mengandung protein tinggi antara lain daging, ikan, kacang-kacangan, telur, dan susu dan olahannya, serupa yoghurt dan keju.

  1. Makanan tinggi gula

mengkonsumsi makanan yang mengandung banyak gula bisa menyebabkan kadar gula darah tinggi. jikalau kebiasaan ini tak dihentikan, gula darah yang tinggi ini lama-kelamaan bisa menyebabkan insulin susah beroperasi. akhirnya, kamu bisa mendapati diabetes.

jikalau telah mendapati diabetes, lebih-lebih jikalau kadar gula darah cenderung tak terkontrol, bisa muncul komplikasi pada ginjal yang dinamakan nefropati diabetik. Inilah alasan kenapa kebiasaan mengkonsumsi makanan tinggi gula bisa menyebabkan kerusakan ginjal.

Oleh karna itu, mulailah batasi konsumsi makanan yang mengandung gula. beberapa makanan tinggi gula yang boleh jadi kerap kamu temui ialah kecap manis, permen, cokelat, es krim, dan sereal.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *