Menu Close

Macam-Macam Penyakit Dalam Perut

Apabila dilakukan pendataan, mungkin persentase orang yang mengalami sakit perut di dunia ini mencapai 99%. Mulai dari sakit perut ringan sampai berat. Ternyata sakit perut tidak dapat diremehkan karena beberapa orang mengalami penyakit kronis dalam perut. Berikut ini ancaman berbahaya dari macam-macam penyakit dalam perut apabila dibiarkan terus menerus.

5 Penyakit Dalam Perut, Paling Berbahaya Sampai Ringan!

  1. Disentri

Banyak orang awam yang belum mengenal satu penyakit dalam perut yang dikategorikan berbahaya ini. Disentri sering kali terjangkit pada penduduk yang tinggal di daerah tropis. Tanda-tanda awalnya adalah infeksi usus yang berujung buang air besar berdarah. Bahkan, tinja yang keluar cair seperti diare. Gejala awal dialami penderita seperti mual, muntah-muntah, demam tinggi, dan kram perut.

  1. Usus Buntu

Penyakit usus buntu banyak dialami masyarakat Indonesia. Setiap penderita memerlukan pembedahan alias operasi sebagai upaya penyembuhan terbaik. Usus buntu merupakan oragan dalam tubuh yang bentuknya tipis dan serupa kantong kecil. Biasanya panjang usus buntu ini sekitar 5-10 cm.

Apabila dibiarkan terlalu lama akan berakibat fatal karena usus meradang dan terjadi pembengkakakn yang amat menyakitkan. Awalnya memang hanya terasa nyeri pada bagian dalam perut, tetapi lama kelamaan penderita akan kesulitan membuang gas dan air besar.

  1. Diare

Bagi penderita diare akan mengeluarkan tinja yang begitu encer dengan intensitasnya lebih sering. Membuang air besar terlalu sering ini menyebabkan cairan tubuh terkuras sehingga tubuh menjadi lemas.

Siapa saja bisa terserang diare karena saluran pencernaan terkontaminasi virus dan bakteri akibat makanan maupun minuman yang dikonsumsi. Biasanya langkah penyembuhan pertama dengan meminum cairan oralit dan antibiotik supaya membunuh kuman.

  1. Sembelit

Sembelit menyebabkan penderita sulit mengeluarkan air besar. Bahkan dalam seminggu bisa membuang air besar kurang dari 3 kali. Gejala awal yang ditunjukkan penderita yakni perut buncit dan sakit saat membuang air besar. Penyebab utama sembelit karena mengkonsumsi air putih kurang dan kurang asupan pangan berserat.

  1. Maag

Penyakit maag dikategorikan penyakit paling ringan, tetapi ketika dibiarkan begitu saja dapat berubah menjadi asam lambung. Gejala umum penderita adalah merasakan sakit pada area ulu hati dilengkapi rasa muntah, mual, perut kembung, dan bersendawa. Penyebab maag juga bermacam-macam seperti minuman beralkohol dan mengkonsumsi makanan bergas seperti ubi, sawi, dan kol.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *