Menu Close

Kenali Macam-Macam Penyakit Dalam dan Dokter Spesialis yang Tepat untuk Menanganinya!

Penyakit dalam (internal medicine) adalah spesialisasi medis untuk menangani berbagai keluhan dan masalah kesehatan pada dewasa dan lansia. Macam-macam penyakit dalam ini dispesialisasikan dan tidak ditangani oleh dokter umum. Dokter spesialis penyakit dalam disebut juga dengan internis.  Berikut beberapa bidang dokter spesialis penyakit dalam beserta penyakit dalam yang perlu diketahui agar mendapatkan penanganan yang tepat.

  • Alergi dan imunologi (SpPD-KAI)

Bidang ini bertugas menangani penyakit dalam yang berkaitan dengan alergi dan gangguan pada kekebalan tubuh. Penyakitnya mencakup asma, vaskulitis, angioedema, rhinitis alergi, dan urtikaria.

  • Gastroenterologi dan hepatologi (SpPD-KGEH)

Dokter dalam bidang ini menangani gangguan terhadap sistem pencernaan dan organ hati. Contoh beberapa penyakitnya adalah penyakit asam lambung, hepatitis, gastritis, gagal hati, pankreatitis, radang empedu, dan radang usus.

  • Geriatri (SpPD-KGer)

Bidang geriatri bertugas menangani gangguan medis pada lansia yang berkaitan dengan proses penuaan. Contoh penyakitnya adalah sindrom geriatri, demensia, inkontinensia urin, malnutrisi, osteoarthritis, dan osteoporosis.

  • Ginjal dan hipertensi (SpPD-KGH)

Khusus untuk penanganan penyakit terkait ginjal dan tekanan darah tinggi. Macam-macam penyakit dalam  ini adalah gagal ginjal, sindroma nefrotik, glomerulonefritis, dan batu ginjal.

  • Hematologi dan onkologi (SpPD-KHOM)

Bidang ini berfokus pada kelainan darah, organ limpa, dan berbagai jenis kanker. Penyakit yang ditangani adalah anemia, hemofilia, kelainan sumsum tulang, leukemia, limfoma, dan kanker.

  • Kardiovaskular (SpPD-KKV)

Subspesialis ini fokus pada gangguan jantung dan pembuluh darah pada orang dewasa. Contoh penyakitnya antara lain gagal jantung, penyakit jantung koroner, penyakit katup jantung, dan aritmia.

  • Metabolik dan endokrinologi (SpPD-KEMD)

Khusus menangani gangguan metabolisme tubuh, sistem kelenjar, dan hormon. Jenis penyakitnya seperti diabetes melitus, penyakit kelenjar adrenal, hiperkalsemia, gangguan tiroid, dan gondok.

  • Psikosomatik (SpPD-KPsi)

Khusus untuk gangguan psikosomatik dan gangguan fungsi tubuh yang terkait psikologis. Penyakitnya mencakup sindrom kelelahan kronis, sakit kepala tegang, disfungsi seksual, dan nyeri yang didasari masalah psikologis.

  • Pulmonologi (SpPD-KP)

Pada bidang ini dokter menangani keluhan terkait sistem pernapasan. Macam penyakitnya berupa asma, bronkitis, emfisema, pneumonia, dan tuberkulosis.

  • Reumatologi (SpPD-KR)

Khusus keluhan terkait penyakit sendi, otot, tulang, dan jaringan penghubung tubuh. Penyakit yang ditangani berupa lupus, rheumatoid arthritis, asam urat, osteoarthritis,demam reumatik, dan radang tulang belakang.

  • Tropik-infeksi (SpPD-KPTI)

Macam-macam penyakit dalam yang teralhir yakni tropik-infeks atau penanganan terhadap penyakit infeksi menular. Macam-macam penyakitnya antara lain demam berdarah dengue, chikungunya, rubella, malaria, infeksi cacing, rabies, anthrax, demam tifoid, dan tetanus.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *