Menu Close

Inilah 7 Jenis Penyakit Organ Hati yang Penting untuk Diketahui

Hati yang juga berfungsi sebagai penyaring darah agar terbebas dari racun menjadikannya rentan terkena penyakit. Meskipun hati memiliki kemampuan meregenerasi untuk melindungi diri, paparan racun dan zat berbahaya yang selalu terlibat dengan hati bisa membuat kinerjanya terganggu. Inilah 7 jenis penyakit organ hati yang penting untuk diketahui. Tiap jenis penyakit ini memiliki ciri dan penyebab berbeda, namun tetap membahayakan kesehatan penderita.

1. Hepatitis
Penyakit organ hati ini berupa peradangan pada jaringan hati yang bisa disebabkan oleh infeksi virus maupun kondisi autoimun. Jenis-jenis hepatitis antara lain hepatitis A, B, C, D, E, dan hepatitis autoimun. Selain itu penyakit ini juga bisa disebabkan oleh racun, efek samping obat, dan makanan berpengawet.

2. Penyakit Liver
Penyakit ini berupa gangguan pada fungsi dan fisiologis organ hati. Penyakit liver bisa disebabkan oleh infeksi virus, penyalahgunaan alkohol, atau pun karena faktor obesitas.

3. Sirosis
Sirosis merupakan kondisi organ hati yang rusak akibat terbentuknya jaringan parut. Akibatnya, fungsi hati untuk menyaring racun menjadi terganggu. Faktanya, sirosis hati sering tidak menimbulkan gejala apa pun ketika masih belum parah.

4. Kanker Hati
Meskipun belum diketahui secara pasti penyebab penyakit ini, namun yang pasti terdapat kerusakan sel-sel hati. Gaya hidup tidak sehat dan konsumsi alkohol yang tidak terkontrol bisa meningkatkan risiko terjadinya kanker hati.

5. Hemokromatosis
Hemokromatosis disebabkan oleh kadar zat besi yang terlalu tinggi di dalam tubuh. Jika kondisi tersebut dibiarkan maka akan berpotensi mendatangkan penyakit serius lainnya seperti diabetes, impotensi, bahkan gagal jantung.

6. Abses Hati
Abses hati disebabkan oleh adanya infeksi jamur, bakteri atau pun parasit. Penyakit ini ditandai dengan terbentuknya lubang-lubang kecil bernanah. Biasanya penyakit ini berawal dari masuknya parasit berbahaya yang didapat dari lingkungan kurang bersih.

7. Perlemakan Hati
Kondisi ini disebabkan oleh kandungan lemak pada organ hati yang tinggi. Hati memang mempunyai kandungan lemak, tetapi jika berlebihan justru mengganggu kinerja hati dan berpotensi berbahaya. Penyakit ini biasanya terjadi pada orang yang obesitas.

Itulah berbagai macam Penyakit organ hati yang bisa menjadi sebuah ancaman bagi tubuh. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui tanda-tanda penyakit yang mengindikasikan bahaya pada organ hati maupun yang lain.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *