Menu Close

Hati-Hati,  Beberapa Gejala Ini Bisa Jadi Tanda Ada Penyakit Lambung

Lambung sebagai organ pencernaan bekerja setiap hari. Organ ini perlu kita jaga sebaik-baiknya agar tidak ada masalah dan menghambat kinerjanya di dalam tubuh kita. Beberapa orang dengan kebiasaan tertentu kerap membahayakan kinerja lambungnya sendiri tetapi mereka tidak menyadari hal itu. Inilah yang menyebabkan berbagai risiko penyakit lambung menghampiri kita. Berikut gejala yang bisa menjadi tanda adanya masalah pada lambung.

  • Sering merasakan nyeri di dada, ulu hati, dan menjalar ke perut

Rasa nyeri yang tidak wajar di dada, ulu hati bahkan sampai ke perut bisa menjadi tanda bahwa lambung sedang tidak baik-baik saja.

  • Sering bersendawa, buang angin, begah atau pun kembung

Beberapa reaksi tubuh yang berlebihan harusnya menjadi perhatian kita. Ini bisa menjadi indikasi adanya penyakit lambung.

  • Merasa mual dan muntah

Mual dan muntah bisa jadi akibat asam lambung meningkat. Jika hal itu terjadi, sebaiknya Anda segera berkonsultasi dengan dokter dan sebisa mungkin mengubah kebiasaan makan Anda sehingga lambung akan bekerja dengan normal kembali.

  • Diare

Diare juga bisa disebabkan oleh peningkatan asam lambung. Jika sudah demikian, maka sebaiknya segera mendapatkan penanganan yang tepat.

  • Tubuh lemas

Tanda-tanda penyakit lambung  yang menyerang saat tubuh harusnya sedang beristirahat. Tak heran jika tubuh akan terasa lemas.

  • Sakit di tenggorokan terutama saat menelan

Ini bisa menandakan bahwa asam lambung sedang tidak stabil. Artinya, mengalami kenaikan hingga terasa di tenggorokan dan menjadikan rasa tidak nyaman pada tenggorokan.

  • Saat BAB kotoran berwarna lebih gelap

Jika sudah sampai pada tahap ini, sebaiknya segera menghubungi dokter. Bisa jadi ini merupakan salah satu akibat dari adanya peradangan di lambung.

Mengenali tanda-tanda boleh saja dilakukan untuk memperhatikan perubahan terhadap tubuh kita. Gejala yang dirasakan bisa menjadi tambahan catatan penting bagi dokter untuk segera menentukan penanganan yang tepat kepada kita. Oleh karena itu, sebelum terlambat sebaiknya menjaga pola konsumsi kita dengan baik dan mengurangi pemicu ketidakstabilan lambung agar terhindar dari penyakit lambung.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *