Menu Close

Apakah Alkohol Baik Untuk Jantungmu?

Banyak orang berpendapat bahwa minum alkohol baik untuk kesehatan seperti yang dilaporkan oleh banyak penelitian dan jurnal. Namun ada yang menangkap. Cukup dengan meminum alkohol sesuka hati Anda akan menyebabkan lebih banyak ruginya daripada kebaikan. Moderasi adalah kuncinya. Dua minuman per hari untuk pria dan satu minuman per hari untuk wanita di atas usia 45 dianggap aman dan baik untuk kesehatan perapian.

Ini membawa kita ke poin penting lain mengapa minum lebih banyak tidak lebih bermanfaat. Yah jawabannya sederhana; kelebihan apa pun adalah dan alkohol tidak terkecuali. Namun, ada lebih dari itu. Alkohol dalam jumlah berlebih dalam jangka waktu lama meningkatkan tekanan darah dan melemahkan otot jantung Anda, yang merupakan beberapa alasan serangan jantung dan banyak penyakit.

Mengapa alkohol dalam jumlah sedang baik untuk jantung?

Darah membawa nutrisi ke seluruh bagian tubuh. Saat kita minum alkohol, alkohol diserap langsung oleh aliran darah melalui sistem pencernaan kita. Ketika alkohol melewati arteri Anda, itu mengurangi jumlah timbunan lemak, yang terutama bertanggung jawab untuk mempersempit arteri Anda. Dengan membersihkan beberapa endapan, alkohol pada dasarnya membersihkan arteri Anda dan membuatnya fleksibel dan luas. Ini menghasilkan lebih banyak dan lebih baik aliran darah melalui mereka dan mengurangi tekanan darah. Pasien yang minum cukup sering lebih bugar daripada mereka yang tidak minum tetapi makan banyak makanan berlemak dan menjalani gaya hidup yang menetap.

Pendapat berbeda tentang konsumsi alkohol sedang

Namun, dengan artikel ini, saya tidak punya niat untuk mendorong pembaca untuk mulai minum alkohol karena tidak ada jaminan bahwa semua orang akan mendapat manfaat dari minum moderat. Faktanya, bahkan dokter dan peneliti memiliki pendapat yang beragam tentang hal itu. Banyak yang percaya bahwa mereka yang dapat mengendalikan kebiasaan konsumsi alkoholnya, seringkali memiliki kebiasaan makan yang lebih baik dan terkontrol daripada mereka yang minum dalam jumlah berlebihan. Kesehatan yang lebih baik secara keseluruhan dan penurunan tekanan darah adalah hasil dari kebiasaan makan mereka yang terkontrol dan bukan dari konsumsi alkohol yang moderat. Meskipun beberapa penelitian dan pengamatan menunjukkan manfaat alkohol pada kesehatan jantung, sebagian besar tergantung pada gaya hidup Anda secara keseluruhan, tipe tubuh dan banyak faktor lainnya.

Sesuai penelitian di lebih dari 20 negara, peminum moderat adalah 20-40% kurang suka terkena penyakit jantung dibandingkan mereka yang minum berlebihan atau bukan peminum. Jika Anda dapat mengurangi konsumsi alkohol, Anda dapat mengubah kebiasaan makan Anda juga.

Jika Anda belum pernah mendengar tentang Diet Jantung, maka kemungkinan Anda tidak menderita penyakit jantung apa pun. Namun, saya menyarankan bahwa memilih diet jantung sehat dan gaya hidup sehat ditambah aktivitas fisik adalah cara terbaik untuk mencegah atau menunda penyakit kardiovaskular.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *